GENERASI MILENIAL: MENGENAL GOLONGAN DARAH

Kamis yang lalu, 31 Januari 2019, SMK Negeri 1 Gombong mengandeng PMI Kabupaten Kebumen berhasil melaksanakan cek golongan darah di sekolah. Acara ini dilaksanakan di UKS sekolah dan diikuti siswa kelas X hingga kelas XII. Menurut data di lapangan, banyak siswa yang belum mengetahui golongan darah mereka, sehingga perlu diadakan cek golongan darah.

Dilansir dari media tribunnews.com, golongan darah tidak hanya sebagai pelengkap identitas. Golongan darah wajib kita ketahui karena dapat mencegah risiko kesehatan, membantu orang dalam keadaan darurat, dan pengambilan keputusan penting. Hal ini dibenarkan oleh pembina PMR SMK Negeri 1 Gombong, Rudi Setiono, S.Pd. bahwa ketika seseorang mengetahui golongan darah sendiri, maka akan sangat baik bagi mereka. Selain bermanfaat untuk mengenal identitas sendiri, mengetahui golongan darah setiap orang akan membantu memfasilitasi transfusi darah. Walaupun usia para siswa belum genap 17 tahun dan dapat ikut transfusi darah, mereka bisa belajar lebih dini dengan pengetahuan awal ini.

Cek golongan darah adalah persiapan awal untuk para siswa mengenal identitas dirinya. Dengan begitu, diharapkan ke depannya para siswa SMK Negeri 1 Gombong menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap kesehatan diri dan juga orang-orang di sekelilingnya. Jadi, kenalilah golongan darahmu!