GENERASI MILENIAL: RAJIN BERDISKUSI

Diskusi adalah kegiatan yang tak asing bagi kita semua. Hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari tak luput dari kegiatan satu ini. Dimuat dari informasi wikipedia, diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/ kelompok. Diskusi diawali dari sebuah topik yang kemudian berkembang dan diperbincangkan, sehingga menghasilkan pemahaman dari topik tersebut. Sekarang ini, kegiatan diskusi maknanya sudah semakin meluas. Aktivitasnya tidak hanya dalam lingkungan formal, misalnya di kantor, tetapi juga di lingkungan nonformal, misalnya diskusi santai untuk pemecahan masalah. Seluruh elemen masyarakat pernah melakukan diskusi.

Ada banyak istilah yang merupakan aktivitas dalam diskusi. Istilah-istilah tersebut antara lain, seminar, sarasehan, lokakarya, simposium, muktamar, konferensi, diskusi panel, dan diskusi kelompok. Semua istilah tersebut pada hakikatnya adalah sebuah interaksi komunikasi. Tujuannya pun sama, membahas permasalahan/ topik dan menyelesaikannya. Di lingkungan sekolah, terutama siswa, guru seringkali mengajarkan bagaimana berdiskusi secara sangkil (efisien) dan mangkus (efektif). Hal ini dapat dilihat dari kegiatan diskusi kelompok di kelas.

Setiap kegiatan diskusi di dalam kelas, para siswa SMK Negeri 1  Gombong diperkenankan memanfaatkan berbagai sumber, misalnya buku, surat kabar, dan media digital. Keberagaman sumber yang dipakai tersebut diharapkan dapat memperkaya wawasan para siswa dan tentunya setiap siswa mampu menghasilkan solusi terbaik. Siswa sekarang adalah para generasi milenial yang melek dengan informasi. Sebagai generasi milenial, sudah seharusnya kita semua dapat berperan aktif dalam diskusi. Setiap pendapat dan pemikiran disalurkan dalam forum diskusi. Dengan begitu, diskusi akan berjalan dengan aktif dan komunikatif. Jika kalian mengaku generasi milenial, mari rajin berdiskusi!