Semarak HUT RI Ke-73 di SMK Negeri 1 Gombong

SEMARAK KEMERDEKAAN: Sejumlah Guru Karyawan SMK seKabupaten Kebumen mengikuti Upacara Pembukaan Lomba dalam rangka HUT RI ke-73, Kamis (14-15/8). Hadir sebagai Pembina Upacara Basikun, S.Pd. MM. (ketua MGMP Kab. Kebumen) dan Asgani, S.Pd. sebagai pemimpin upacara.
Stemzago – MERAYAKAN Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Perayaan itu dilakukan oleh semua pihak, Di seko¬lah, perayaan HUT RI menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Kemeriahan begitu terasa setiap kali memasuki masa tujuh¬belasan.
Menjelang 17 Agustus, SMK Negeri 1 Gombong berhias, dekorasi khas kemerdekaan dipasang di sekeliling sekolah seperti umbul-umbul merah putih, bendera-bendera kecil dan lainnya. selain untuk perayaan kemerdekaan persiapan juga dilakukan untuk berbagai lomba yang biasanya ada setiap tahun.
Kamis (14-15/8), suasana sekolah tampak ramai. Ratusan siswa berada di luar kelas. Mereka menonton teman-temannya yang sedang bertanding voli Guru/Karyawan antar SMK se Kabupaten Kebumen), futsal(Guru/Karyawan antar SMK se Kabupaten Kebumen), tenis meja, basket, badminton Guru/Karyawan antar SMK se Kabupaten Kebumen), sepak bola Guru/Karyawan antar SMK se Kabupaten Kebumen), PBB, Band Music dll yang digelar.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Putut Ari Nugroho menyebutkan kegiatan perlombaan tujuhbelasan tersebut juga untuk menumbuhkan semangat per¬juangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Melalui lomba-lomba tersebut diharapkan siswa mengerti makna perjuangan setidaknya berjuang untuk meraih prestasi di perlombaan-perlombaan yang ada.


“Siswa perlu dibentuk mentalnya untuk merasakan kesatuan dan kebinekaan dalam berbangsa dan bernegara. Kecin¬taan pada negara atau nasionalisme perlu ditanamkan dalam diri setiap siswa, apalagi di masa sekarang ini,” tambahnya.



Momen kemerdekaan memang selalu ditunggu-tunggu. Suasana kompetisi antar sekolah selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan HUT RI. Dari masa ke masa, lomba tujuh¬belasan selalu menyemaraknya suasana sekolah.