SMK Negeri 1 Gombong Meraih Juara 3 Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023

SMK Negeri 1 Gombong berhasil meraih Juara 3 pada ajang Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023 antar SMK-TKJ Tingkat Nasional. Juara ditentukan pada babak Grand Final yang diadakan pada Jum’at (20/10/2023) yang disiarkan langsung di kanal YouTube Mikrotik Indonesia – Citraweb.

“Sehingga yang menjadi Juara 1 untuk Olimpiade Jaringan 2023 adalah tim dari SMK IT Ikhsanul Fikri Magelang. Juara 2 dari SMK Negeri 8 Tangerang. Dan Juara 3 dari SMK Negeri 1 Gombong,” kata Valens Riyadi Direktur PT Citraweb Solusi Teknologi.

Tim SMK Negeri 1 Gombong yang diwakili oleh Helga Alan Abhipraya (XII TKJ B), Ilham Budi Trisetyo (XII TKJ A), serta Guru Pembimbing Nafis Akhsan, S.Pd. berhasil membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah dan 20 perangkat Router Mikrotik. Hadiah diberikan langsung oleh Valens Riyadi pada Jum’at (20/10/2023).

Ucapan syukur disampaikan oleh Helga Alan Abhipraya, salah satu peserta SMK Negeri 1 Gombong, “Alhamdulillah, perasaan nya seneng banget sih bisa bawa nama STEMSAGO ke nasional,” kata Helga via Direct Message Instagram pada Jum’at (20/10/2023).

Selain berkompetisi, para finalis juga mendapatkan pelatihan Mikrotik tingkat lanjut (advanced). Setelah menyelesaikan pelatihan tersebut pada Jumat, 20 Oktober 2023, dilakukan sertifikasi MTCNA dan MTCRE bagi para peserta dan Guru Pembimbing.

SMK Negeri 1 Gombong telah mempunyai lisensi Mikrotik Academy. Berkat ada sertifikasi MTCRE ini bisa menambah satu trainer lagi. “Alhamdulillah lulus, tadi mengajukan penambahan Trainer Mikrotik Academy,” tulis Nafis Akhsan via pesan WhatsApp pada Jum’at (20/10/2023).

Ilham Budi Trisetyo memberikan tips untuk siswa TKJ SMKN 1 Gombong jika ada yang akan ikut Olimpiade Jaringan Mikrotik tahun berikutnya, “Tipsnya pokoknya banyak baca, sama banyakin latihan atau ngelab. Biar hafal parameter-parameternya.”

Menurut Ilham, siswa TKJ harus bisa mengkonfigurasi jaringan, “Selain paham materi, siswa TKJ juga harus bisa ngonfig, kudu seimbang lah,” lanjut Ilham via Direct Message Instagram pada Sabtu (21/10/2023).

Perjalanan panjang dilalui para peserta Olimpiade Jaringan Mikrotik. Sebelumnya, mereka telah menempuh tiga tahapan seleksi, yaitu seleksi tes tertulis secara daring diikuti oleh 408 tim, pembuatan video tutorial diikuti 115 tim, dan tes wawancara diikuti 30 tim, yang diadakan sepanjang September 2023.

Selanjutnya, 15 peserta mengikuti tahapan Babak Final mulai dari tanggal 16 hingga 20 Oktober 2023. Setiap harinya, 3 peserta harus tersingkir, dan pada tanggal 19 Oktober 2023, diumumkan bahwa 3 peserta telah berhasil melangkah ke Grand Final Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023.

Penulis: Nurul Arifin