Pengalaman Siswa SMKN 1 Gombong dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Menyenangkan Karena Sumber Belajar Tidak Hanya dari Sekolah

Artikel kali ini ditulis oleh seorang siswa kelas X TKJ B, Nur Alifah Alfiyyahni. Siswa yang memiliki hobi membaca dan bercita-cita sebagai penulis ini menceritakan pengalaman belajar dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diikuti selama beberapa hari.

***

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mengamati dan mencari solusi mengenai masalah-masalah yang ada di sekitar. Dengan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Kegiatan ini berkaitan dengan sistem pembelajaran Kurikulum Merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek pada Februari 2022. Meskipun penerapannya belum merata secara nasional. Pada Tahun Ajaran 2023/2024, jumlah sekolah yang menjalankan Kurikulum Merdeka lebih dari 50 persen.

“Sudah mencapai 66,26 untuk sekolah formal yang mereka jalankan, ini animo yang positif,” tutur Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Ditjen GTK Kemendikbudristek, Putra Asga, dalam webinar IKM Series, Kamis, 15 Juni 2023.

SMKN 1 Gombong mengadakan kegiatan P5 mulai tanggal 11 s.d 22 September 2023.

Di hari pertama ada beberapa aktivitas yang kami lakukan kegiatan pertama yang kami lakukan ialah apel pagi yang dilaksanakan oleh kelas XI TP A dengan pembinanya Khosim  Parmadi, S.Pd. Setelah selesai apel, kami semua lanjut sarapan pagi. Menu yang dibawa setiap siswa mengandung 4 sehat 5 sempurna. Dengan posisi duduk saling berhadapan kami menyantap bekal yang kami bawa.

Tidak lupa untuk melakukan gerakan semut guna membersihkan sampah sehabis sarapan. Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 08:20. Kini, waktunya kami melaksanakan Shalat Dhuha bersama. Bagi para siswa putri yang sedang berhalangan mereka berkumpul di tepi lapangan sembari melancarkan hafalan Surah Ad-dhuha. Di hari itu ada penilaian hafalan surah Ad-dhuha.

Bel berbunyi menandakan waktu istirahat telah tiba. Setelah selesai istirahat kami segera berjalan memasuki GOR, akan ada sosialisasi dari Puskesmas Gombong 1 dengan tema kesehatan mental. Di sini, kita mendapatkan ilmu baru tentang kesehatan mental remaja. Setelah sosialisasi pada pukul 12.10 s.d 13.10 kita melakukan ishoma.

Kreasi senam P5 dimulai setelah istirahat. Penampilan senam merupakan salah satu aktivitas dalam kegiatan P5. Kekompakan kelompok dibutuhkan di sini. Kita juga harus dapat berkreasi sekreatif mungkin untuk menentukan gerakan senam yang akan ditampilkan nanti. Terakhir, seluruh siswa kelas X dan XI melakukan apel sore yang dilaksanakan oleh XI TP B sebagai penutup kegiatan.

Di hari kedua kegiatan P5 diawali dengan apel pagi dengan XI TKR B dan sebagai petugas dan pembinanya Gunarso. M.Pd. Lalu dilanjut makan pagi bersama. Setelah selesai kami langsung diarahkan untuk segera memasuki GOR. Hari kedua tema sosialisasinya ialah pola hidup bersih dan sehat dari Puskesmas Gombong 1. Sebelum dimulainya kegiatan kami para siswa diajak untuk melakukan senam bersama. Cukup melelahkan tetapi seru karena kami menikmatinya.

Tanpa terasa jam sudah berlalu begitu cepat. Kini, jam menunjukkan pukul 12.10 sudah waktunya ishoma. waktu istirahat telah berlalu. seperti kemarin ini waktunya mengkreasikan senam. Dilanjut apel sore dengan XI TKR C sebagai pelaksananya.

Di hari ketiga. kita mulai dengan apel pagi. XI TSM C sebagai petugas apel dan dibina oleh Mahadi, S.S. Lalu, dilanjut sarapan pagi bersama di lapangan. Melakukan gerakan semut setelahnya. Dan dilanjut melaksanakan sholat dhuha. Selesai sholat dhuha kami memiliki waktu kurang lebih 30 menit untuk istirahat pertama.

30 menit telah berlalu, kami diarahkan menuju GOR karena kegiatan sosialisasi akan segera dimulai. Tema yang akan dibawa hari ini ialah Bullying. Edukasi yang diberikan menambah wawasan baru untuk kami semua. Dan meningkatkan kesadaran masing-masing siswa agar tidak ada penindasan dalam pertemanan.

Setelah sosialisasi selesai kami melakukan ishoma. Lalu, di lanjut kegiatan latihan senam kreasi P5 dan setelahnya ditutup oleh apel sore yang dilaksanakan oleh kelas XI TSM A.

Berbagai kegiatan yang kami laksanakan dari hari pertama s.d ketiga sangat menyenangkan. Karena pembelajaran yang kami dapat tidak hanya bersumber dari dalam sekolah. Kami mendapatkan berbagai edukasi tambahan dari luar sekolah. Tetapi ada sebagian yang berpendapat sosialisasi sangat membosankan pada hari kedua.

Pendapat tiap siswa di kelasku beragam. Di balik itu, ada sisi positif juga yang dihasilkan dari kegiatan ini antara lain: mampu meningkatkan karakter setiap individu siswa di dalamnya, menambah wawasan dan pengetahuan baru dengan adanya kegiatan sosialisasi, serta melatih kekompakkan dan kerja sama antar anggota kelompok.

Penulis: Nur Alifah Alfiyyahni Kelas X TKJ B
Editor: Nurul Arifin