Cegah Anemia Remaja Putri, Puskesmas Gombong 1 Ajak Aksi Bergizi di Sekolah

Gombong, Kebumen – Puskesmas Gombong 1 mengajak kepada seluruh siswa SMKN 1 Gombong untuk Aksi Bergizi di Sekolah pada sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Pencegahan Anemia, Selasa (12/09/2023) di GOR Susilo Sudarman. “Kementerian Kesehatan memiliki program Aksi Bergizi di Sekolah yaitu minum sebutir tablet tambah darah seminggu sekali bagi remaja putri, penuhi gizi seimbang dengan makan protein hewani setiap hari, dan latih fisik olahraga setiap hari,” jelas Rita Andayani, S.KM. narasumber dari Puskesmas Gombong 1.

Pemenuhan gizi ini sangat penting bagi remaja putri, “ternyata anemia pada remaja putri itu nomor 1,” kata Dian, Ahli gizi Puskesmas Gombong 1.

Dikutip dari situ kemkes.go.id, berdasarkan hasil Riskesdas pada tahun 2018, tercatat sebesar 26,8% anak usia 5-14 tahun menderita anemia dan 32% pada usia 15-24 tahun.

“PR bangsa Indonesia masih banyak terutama resiko anemia bagi remaja putri, yang menyebabkan Ibu anemia, dan meningkatan resiko bayi stunting,” kata Dian.

Remaja putri yang anemia berisiko menjadi wanita usia subur yang anemia, selanjutnya menjadi ibu anemia yang dapat mengalami kekurangan energi kronis saat hamil nanti. Kekurangan energi kronis pada ibu hamil bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan stunting.

“Penyebab remaja putri terkena anemia adalah biasanya perempuan takut gemuk, yang menyebabkan asupan sayur dan hewani kurang, kemudian wanita menstruasi setiap bulan,” kata Dian.

Pencegahan anemia dengan makanan bergizi seimbang serta minum tablet tambah darah secara teratur, “edaran Bupati Kebumen mewajibkan semua instansi, baik SMP, SMA, dan SMK untuk memberikan tablet tambah darah setiap hari Jum’at,” Dian menegaskan.

Dalam acara tersebut siswa kelas X dan XI SMKN 1 Gombong melakukan Senam Sehat Gizi Seimbang yang dipandu oleh Tim dari Puskesmas Gombong 1. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian dan minum bersama Tablet Tambah Darah.

Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Pencegahan Anemia dari Puskesmas Gombong 1 merupakan salah satu kegiatan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan SMKN 1 Gombong dengan Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem blok pada 11 September s.d 22 September 2023.

Penulis : Nurul Arifin