SMKN 1 Gombong Resmi Menjadi TUK Astra Honda

Acara Peresmian Gedung Tempat Uji Kompetensi Astra Honda SMK Negeri 1 Gombong pada Kamis (16/12/2021) adalah salah satu wujud nyata implementasi program “link and match” dunia Pendidikan dan Dunia Indutri sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016. Dengan acara ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi persaingan global.

Acara ini dilangsungkan di Gedung Olah Raga Soesilo Soedarman SMKN 1 Gombong yang dimulai tepat pukul 08.30 WIB. Acara dipandu oleh Bapak Heronimus Agung Prihantoro, S.Pd. dan Ibu Noor Ika Lailya, M.Pd.

“Kita bisa mencapai pada titik ini, tentu melalui proses panjang kurang lebih 6 tahun. Kerja sama antara Astra Honda dimulai sejak tahun 2015, di bawah kepemimpinan Kepala SMKN 1 Gombong saat itu, Bapak Basikun, S.Pd., M.M.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dari teman-teman semua, bukan hanya dari Bapak Guru TBSM namun juga didukung oleh semua civitas akademika. Insya Allah Peresmian Gedung TUK Astra Honda SMKN 1 Gombong hari ini akan terwujud.” kata Bapak Drs. Haryoko, M.M., dalam sambutannya.

Apresiasi juga diberikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., M.M., atas prestasi yang ditorehkan SMKN 1 Gombong meraih Medali Perunggu pada ajang FLS2N Tingkat Nasional Bidang Lomba Menyanyi Solo yang diwakili oleh Lia Amanda Saputri.

Ibu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., M.M. mengatakan, “Sekolah itu tidak hanya memberikan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan, dan bekal kepribadian kepada siswa, tetapi sekolah juga mampu mengembangkan, memberdayakan, mengoptimalkan potensi sisi lain dari para siswa.”

Ibu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., M.M. juga menyatakan pentingnya implementasi Link and Match antara Dunia Pendidikan dan Dunia Industri adalah untuk menguatkan relevansi SMK dengan Kebutuhan Dudika.

Penyerahan Sertifikat TUK SMKN 1 Gombong

Sertifikat TUK Astra Honda SMKN 1 Gombong dengan nomor 072/TUK/KTBSMAH/XII/2021 diserahkan oleh Danang Priyo Kumoro selaku Technical Subs Training Coordinator, PT Astra International TBK, Honda Cabang Yogyakatra kepada Kepala SMKN 1 Gombong, Drs. Haryoko, M.M.

Penyerahan Simbolis 1 unit Sepeda Motor sebagai alat pembelajaran di TUK Astra Honda SMKN 1 Gombong

Dalam peresmian kali ini, SMKN 1 Gombong juga memperoleh satu unit Honda Vario 125 yang akan digunakan sebagai media praktik para siswa sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan menunjang proses pembelajaran siswa. Yang secara simbolis penyerahannya dilakukan oleh Danang Priyo Kumoro selaku Technical Subs Training Coordinator, PT Astra International TBK, Honda Cabang Yogyakatra.

Penandatanganan Prasasti Gedung TUK Astra Honda SMKN 1 Gombong dan Pemotongan Pita sekaligus Kunjungan ke Gedung TUK Astra Honda SMKN 1 Gombong

Peresmian ditutup dengan Penandatangan Prasasi Gedung TUK Astra Honda yang ditandatangani oleh :

  1. Ketua Satu Hati Education Program, Bapak Ahmad Muhibbudin.
  2. Kepala SMKN 1 Gombong, Bapak Drs. Haryoko, M.M.
  3. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., M.M.

Acara dilanjutkan dengan Pemotongan Pita oleh :

  1. Technical Subs Training Coordinator, PT Astra International TBK, Honda Cabang Yogyakatra, Bapak Danang Priyo Kumoro
  2. Kepala SMKN 1 Gombong, Bapak Drs. Haryoko, M.M.
  3. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., M.M.

Seluruh tamu undangan melakukan kunjungan ke ke Gedung TUK Astra Honda SMKN 1 Gombong yang dipandu oleh Bapak Danang Priyo Kumoro.

Pernyataan Astra Honda

“Saat ini Astra Motor Yogyakarta telah meresmikan 10 SMK yang tersertifikasi untuk melakukan pengujian kemampuan guru SMK dan siswa SMK Binaan. SMK-SMK tersebut tersebar di berbagai kabupaten di wilayah kerja Astra Motor Yogyakarta,” ungkap Technical Service Manager Astra Motor Yogyakarta Visiawan Andhika, Minggu (19/12/2021), dikutip dari krjogja.com.

Dengan dukungan PT Astra Honda Motor, pemerintah dan SMK-SMK, saat ini Astra Motor Yogyakarta telah miliki 33 SMK binaan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda yang tersebar di wilayah DIY, Kedu dan Banyumas. Dalam pengembangannya jumlah sekolah ini akan terus bertambah dan dibutuhkan tempat untuk uji kompetensi tenaga pengajar sekaligus siswa agar kualitas pendidikan SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda tetap terjaga baik.

Pemilihan sekolah sebagai lokasi Tempat Uji Kompetensi dilakukan lebih selektif sesuai kebijakan PT Astra Honda Motor. Sebelum sekolah tersebut mengajukan diri kepada PT Astra Honda Motor beragam syarat dan ketentuan harus dimiliki secara lengkap oleh SMK yang bersangkutan. Selain kelengkapan sarana dan prasarana, staf pengajar untuk sekolah TUK wajib lolos sertifikasi level brown dan silver.

“Kami berharap tempat ini bisa menjadi tempat belajar atau transfer ilmu pengetahuan dengan baik sekaligus tempat uji kompetensi. Sehingga lulusan SMK benar-benar mempunyai kemampuan sesuai kompetensinya serta relevan dengan kebutuhan industri,” pungkas Visiawan Andhika.

(NA/NA)

Ikuti Media Sosial Kami :