KISAH SUKSES IRVAN PRIYANTO: PERAIH MEDALI PERAK LKS NASIONAL BIDANG PLASTIC DIE ENGINEERING TAHUN 2021

Kabar gembira kembali datang dari wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, satu lagi prestasi mampu diraih melalui ajang bergengsi Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional Tahun 2021. Dialah Irvan Priyanto, siswa SMK Negeri 1 Gombong, Kebumen, yang mampu meraih juara 2 LKS Tingkat Nasional bidang lomba Plastic Die Engineering (PDE). Ajang bergengsi ini telah usai digelar pada bulan Oktober 2021 setelah seluruh rangkaian dari tahap seleksi tingkat Provinsi dilaksanakan.

Sebelumnya, ada kiat khusus yang ditempuh oleh SMK Negeri 1 Gombong sehingga dapat melahirkan sang juara. Hal ini tidak lepas dari strategi peningkatan prestasi yang diprakarsai oleh Kepala SMKN 1 Gombong, Drs. Haryoko, M.M.. Strategi yang melibatkan seleksi multi tahap ini terbukti efektif dalam mempersiapkan kematangan kompetensi, baik dari segi keterampilan maupun mental juara. Kerja keras seluruh jajaran guru produktif Teknik Pemesinan sebagai tim pembimbing serta dukungan penuh dari Cabang Dinas Wilayah IX turut menjadi kunci kesuksesan.

Lomba dilaksanakan secara virtual selama 3 hari. Ada kisah menarik selama berlangsungnya perlombaan ini, Irvan Priyanto sang juara, mengikuti perlombaan ini dengan penuh perjuangan. Pada hari pertama, ada 2 modul yang harus dikerjaan dengan dalam waktu yang sangat terbatas, yaitu Product Design dan Mould Design. Belum ditemui adanya kendala yang berarti selama pelaksanaan lomba hari pertama. Pada hari berikutnya, Irvan Kembali diuji dalam membuktikan kompetensinya untuk membuat produk berupa Cavity Mould dengan mesin Frais. Tibalah pada hari terakhir lomba, 7 Oktober 2021, saat dimana sebuah tantangan besar menanti Irvan. Dalam waktu yang sangat singkat, Irvan diharuskan membuat produk berupa Core Mould menggunakan mesin frais, yang dilanjutkan dengan Polishing. Untuk membuat sebuah produk jadi dibutuhkan kegigihan, keuletan, dan ketelitian, dikarenakan tidak boleh terdapat ketidaksesuaian, meskipun hanya beberapa milimeter. Produk jadi ini selanjutnya dikemas dengan rapi dan dikirimkan ke Jakarta untuk dinilai secara langsung oleh dewan juri.

Tahap penilaian dari dewan juri berlangsung selama kurang lebih dua minggu, yang pada akhirnya pada tanggal 29 Oktober 2021 secara resmi diumumkanlah para pemenang, dan Irvan Priyanto berhasil meraih Medali Perak atau Juara 2 di Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional bidang Plastic Die Engingeering Tahun 2021. Hal ini menjadikan SMK Negeri 1 Gombong menjadi satu-satunya sekolah yang berhasil meraih Juara 2 LKS Tingkat Nasional bidang Plastic Die Engineering (PDE) bidang secara berturut-turut.

Ada yang patut diacungi jempol dari perjuangan seorang Irvan Priyanto. Sebagai juara 1 di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Irvan diharuskan melanjutkan perjuangannya dengan mengikuti lomba di tingkat nasional. Saat ini, Irvan telah lulus dari SMK Negeri 1 Gombong dan sudah terdaftar sebagai mahasisawa Politeknik Negeri Semarang jurusan Teknik Mesin. Di sisi lain, Irvan juga menjalankan usaha mandiri yaitu jual beli spare part sepeda motor secara online. Hal yang menakjubkan adalah Irvan bisa mengatur 3 hal besar tersebut dan tetap mendapatkan hasil yang maksimal. Kegigihan, keuletan, dan kedisiplinan dalam mengatur waktu ini perlu dicontoh oleh siswa lain agar mampu mengolah potensi diri untuk menorehkan prestasi.

Apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Gombong, Drs. Haryoko, M.M. kepada Irvan Priyanto atas segala prestasi yang telah diraih. Besar harapan agar langkah Irvan Priyanto dapat menginspirasi siswa lainnya untuk terus berprestasi dan menjadi putra putri kebanggan negeri.

Artikel ini dipulikasikan pertama kali di website PDK JATENG dengan judul KISAH SUKSES IRVAN PRIYANTO: PERAIH MEDALI PERAK LKS NASIONAL BIDANG PLASTIC DIE ENGINEERING TAHUN 2021

Ikuti Media Sosial Kami :