SMK Negeri 1 Gombong Mengikuti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 Astra Honda Motor

smkn1gombong.sch.id-GOMBONG-Pada Jum’at (30/07/2021) diselenggarakan Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 untuk wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas melalui platform Zoom Meeting. SMK Negeri 1 Gombong yang diwakili oleh Edi Setyawan, S.Pd, salah satu guru mata pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMKN 1 Gombong. Sebagai informasi pada tahun 2020 Edi Setyawan, S.Pd. meraih juara 3 pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 Wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas.

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menginisasi kompetisi mengajar melalui gelaran Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen AHM dalam mendukung proses belajar mengajar secara daring sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi melalui penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia.

Dikutip dari website astra-honda.com, General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kondisi proses belajar mengajar yang masih dilakukan secara daring hingga saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru untuk dapat terus memberikan materi ajar untuk siswa dengan metode yang menarik dan mudah dipahami, sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal.

“Kami berharap penguatan kompetensi guru yang terus kami lakukan, termasuk kontes kreativitas mengajar secara daring ini, dapat menjaga kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dan mencetak siswa-siswi SMK berkualitas dalam bidang otomotif roda dua” ujar Muhib

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 yang diselenggarakan selama periode Juni – Agustus 2021 diikuti oleh 3.462 orang guru produktif dari 687 SMK binaan yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda Motor di 34 provinsi di Indonesia.

SMK Negeri 1 Gombong adalah salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Pada kesempatan kali ini Edi Setiyawan membawakan materi Continuously Variable Transmission atau Transmisi Otomatis, dan Riset ECM (Engine Control Module) dan Setting Altitude.

Dalam proses pengujian proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat bahan ajar dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK TBSM dengan durasi mengajar selama 30 menit. Para peserta dinilai dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum. Sedangkan untuk video tutorial terkait teknologi sepeda motor Honda yang dibuat oleh para peserta, penilaian dilihat dari sisi kualitas video, konten video, cara mempresentasikan serta narasi.

“Kami berharap dapat menjadi juara 1 untuk mewakili Wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas dan berlaga ditingkat nasional. Intinya kami sudah berusaha dengan maksmimal, semoga hasinya memuaskan.” kata Edi Setyawan, S.Pd.

Ikuti Media Sosial Kami :