Pelaksanaan Sertifikasi Internasional  Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMK Negeri 1 Gombong

Dukungan Direktorat SMK Guna Mendorong Mutu dan Daya Saing Siswa SMK Pada Masa Pandemi Covid-19

Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Diantara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.

SMK Negeri 1 Gombong telah mengikutsertakan sebanyak 806 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 52 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada Jum’at (23/07/2021), SMK Negeri 1 Gombong melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Sertifikasi TOEIC pada tahun ini dilaksanakan berbasis Komputer atau CBT. SMK Negeri 1 Gombong menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan Sertifikasi TOEIC ini. Panitia dan siswa diwajibkan mengenakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Peserta sertifikasi juga dipastikan sedang tidak dalam keadaan sakit.

Andi Fadil  yang bertugas sebagai Supervisor Sertifikasi TOEIC CBT DTVE English Challenge 2021. Monitoring pelaksanaan Sertifikasi TOEIC di SMK Negeri 1 Gombong dengan memanfaatkan teknologi informasi, menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Walau supervisor tidak hadir secara langsung di SMK Negeri 1 Gombong namun integritas pelaksanaan sertifikasi tetap dapat dijaga.

Peserta Sertifikasi TOEIC  yang dijadwalkan sebanyak 52 siswa dan 5 guru, namun yang dapat hadir sebanyak 47 siswa dan 5 guru. Setelah melaksanakan Sertifikasi, SMK Negeri 1 Gombong mengirimkan dokumen pelaksanaan serta file terenkripsi hasil pekerjaan peserta melalui email supervisor.

Kegiatan TOEIC ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kemampuan bahasa Inggris baik siswa maupun guru SMK Negeri 1 Gombong. Hal ini dikarenakan Sertifikasi TOEIC sudah berstandar internasional.

Bagi siswa, pengalaman yang didapatkan dari kegiatan ini bisa dijadikan bekal untuk mengarungi dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi di tengah persaingan global. Hasil yang diperoleh siswa selanjutnya dapat menjadi pedoman untuk pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih bersifat aplikatif sesuai kebutuhan siswa.

Bagi sekolah, kegiatan Sertifikasi TOEIC merupakan hal yang dapat menambah kredibilitas serta kualitas proses pendidikan yang dijalankan di SMK Negeri 1 Gombong.

SMK Negeri 1 berharap, upaya peningkatan dan sertifikasi kemampuan bahasa inggris siswa melalui TOEIC perlu dilaksanakan secara intensif dan berkelanjutan.

Ikuti Media Sosial Kami :