Peringatan Hari Pendidikan Nasional  Tanggal 2 Mei 2020 Ditengah Wabah Covid-19

Hari pendidikan nasional tahun 2020 ini jatuh pada moment yang tidak biasa. Tidak ada upacara di sekolah sekolah untuk memperingati hari yang penting ini. Sebab saat ini indonesia sedang dimengalami sebuah kejadian yang luar biasa.

Pandemi Covid-19 yang menimpa setidaknya 210 negara dan termasuk indonesia, membuat kegiatan belajar mengajar awal tahun ini menjadi berbeda. Sejak pertengahan bulan Maret tahun 2020, banyak sekolah yang menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya dari pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah tersebut.

Saat ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Siswa – siswa belajar dari rumah dan Bapak Ibu guru juga mengajar dari rumah. Proses pembelajaran memanfaatkan sarana teknologi yang ada semisal google classroom, Whatapp, moodle, youtube, dan sebagainya. Meski demikian, bagi sebagian siswa mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring tidak bisa secara maksimal karena keterbatasan sarana pendukung.

Bertepatan dengan tanggal 2 Mei ini juga, diumumkannya kelulusan siswa kelas XII SMK. Pengumuman kelulusan disampaikan secara daring di SMK N 1 Gombong dengan menggunakan email yang dikirim ke masing masing akun email siswa. Tahun ini Ujian Nasional dan Ujian Sekolah untuk siswa Kelas XII SMK tidak dilaksanakan dan diganti dengan alternative lain untuk menentukan kelulusan siswa.

Akhir kata, semoga di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini wabah Covid-19 dapat segera mereda. Sehingga keadaaan negara indonesia ini dapat berjalan dengan normal seperti sebelum wabah melanda. Aamiin.